fbpx
Seputar Barista / Tips & Trick

Tips Menjadi Barista Handal

Semua barista pasti ingin selalu berkembang dan menjadi barista yang lebih handal dalam pekerjaannya.

Barista Indonesia

Selalu menarik untuk membahas profesi Barista. Selain skill, knowledge dan attitude hingga membuat customer happy lalu mendapatkan repeat order adalah goal-nya. Pastinya teman-teman Barista Indonesia kurang sreg dong kalau kita menjalani pekerjaan yang teman-teman sendiri gak suka.

Atas dasar suka terhadap pekerjaan hingga dapat menjadi handal memang butuh kerja keras. Tapi cuma kerja keras aja rasanya kurang cukup deh. Barista Indonesia mau berbagi tips nih, hal apa saja yang bisa meningkatkan performa kerja kamu sebagai barista. Tips ini penting juga lho, terutama untuk para barista yang baru mulai meniti karir.

Berikut hal-hal yang dapat meningkatkan skill profesi Barista kamu hingga menjadi handal.

  • Punya Niat dan Target

Untuk jadi Barista yang handal, kamu gak “cuma” harus kerja dengan baik. Seorang barista yang ingin berkembang harus memiliki niat dan target untuk dicapai. Tentukan target jangka panjang dan pendek dalam bekerja. Bisa saja kamu menetapkan diri untuk mencapai target sebagai barista terbaik dalam kompetisi nasional atau menjadi barista yang dikenal sebagai barista yang ramah sebagai tujuan jangka panjang atau pendek. Dengan begitu teman-teman Barista Indonesia bisa menentukan langkah-langkah apa saja yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Mengenal Kopi Lebih Dalam

Kenali media mu dalam barkarya. Sebagai seorang barista tentu saja kamu harus mengenali seluk beluk tentang kopi. Tidak melulu soal teknis mengolah kopi, tapi untuk berkembang lebih jauh, mengenal kopi lebih dalam bisa membuat kamu lebih kreatif dalam mengolah kopi. Tentu saja secara tidak langsung akan meningkatkan ilmu pengetahuan dan kreatifitas serta kemampuan kamu menjadi seorang Barista.

  • Mengikuti Kelas Barista

Jangan malu untuk terus belajar, karena kita gak akan pernah tau ilmu datang dari mana aja. Mungkin teman-teman Barista Indonesia pernah mengikuti kelas-kelas teori atau praktik untuk menjadi barista, tapi gak ada salahnya lho kalau kamu ikut kelas barista lainnya dari sumber-sumber yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mendapat insight dan perspektif yang berbeda-beda juga tentang keilmuan menjadi seorang barista sehingga wawasan kamu juga menjadi lebih luas.

  • Menjadi Home Brewer

Dengan menjadi home brewer, teman-teman Barista Indonesia bisa lebih leluasa melakukan eksperimen-eksperimen dalam hal teknis dan non-teknis yang tidak dapat dilakukan di ruang kerja. Adanya SOP yang ada di tempat kerja yang harus ditaati, mungkin sedikit membatasi ruang kreatif kamu untuk bereksperimen pada ilmu-ilmu baru yang kamu dapat. Menjadi home brewer mungkin bisa menjadi salah satu solusinya.

  • Ikut Berkomunitas Sesama Barista dan Pelaku Industri Kopi

Berteman dengan siapa akan membantu membuka pikiran dan wawasan kamu. Gak cuma sebagai barista, tetapi juga sebagai pelaku di industri kopi. Dengan ikut berkomunitas, kamu bisa mendapatkan wacana-wacana sampai ilmu seputar profesi barista dan industri kopi secara luas dari orang lain secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan channel dan link yang bisa kamu manfaatin dalam bekerja di kemudian hari.

  • Senang Bekerja dengan Tim

Kerja sendirian memang kadang bisa bikin lebih serius, tapi bekerja dalam tim tentu akan mempermudah pekerjaan kamu. Bekerja dengan tim secara kompak bisa meningkatkan performa teman-teman Barista Indonesia secara kolektif. Jadi kamu gak cuma bisa meningkatkan skill buat diri sendiri tapi bisa untuk orang lain juga.

  • Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Barista yang baik selalu memperhatikan lingkungan sekitarnya terutama mengenai kebersihan lingkungan kerja. Pepatah “kebersihan sebagian dari iman” itu gak cuma omong kosong. Kebersihan diri dan lingkungan sekitar akan mencerminkan sikap kamu sebagai pribadi yang dapat dilihat oleh orang lain. Karena kesan pertama yang didapatkan oleh pelanggan dari seorang adalah dari penglihatannya lho! Barista yang bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja, akan mendapatkan nilai plus dari pelanggannya.

Tidak ada salahnya untuk terus belajar. Menambah ilmu tentu seja lebih baik untuk teman-teman Barista Indonesia miliki. Dengan bekal pengetahuan yang banyak, pasti akan menambah daya kamu untuk menjadi barista yang lebih handal.

Selamat belajar dan terus mencoba ya teman-teman Barista Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *