fbpx
Berita / Workshop

Kelas Bisnis Kuliner Barista Indonesia

Barista Indonesia mengadakan kelas terbuka untuk umum dengan pembahasan materi bisnis kuliner.

Bekerja sama dengan Rizal Fernando, anggota official Barista Indonesia yang berprofesi sebagai Food & Beverage Business Development and Consultant, Barista Indonesia mengadakan kelas bisnis kuliner untuk kategori UMKM. Kelas terbuka untuk umum dengan proses registrasi terbatas, diadakan dalam dua batch. Batch pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2020 dan batch kedua pada tanggal 13 Desember 2020. Acara ini diadakan di Bubun Kopi Cemilan dan didukung oleh tim Antese Studio sebagai media partner.

Kelas Bisnis Kuliner UMKM Barista Indonesia bersama Rizal Fernando

Geliat masyarakat Indonesia kembali tinggi untuk berbisnis di era pandemi virus covid19 di tahun 2020. Selama pandemi, banyak usaha kecil lahir – terutama di bidang kuliner -, dengan latar belakang alasan yang beragam. Dua kondisi umum yang menjadi latar belakang lahirnya berbagai merk dagang UMKM adalah pertama karena kehilangan pekerjaan tetap dan kedua sebagai second layer atau alternatif pemasukan.

Banyak usaha yang mampu bertahan hingga saat ini, tapi bila teman-teman Barista Indonesia perhatikan tidak sedikit juga yang terpaksa harus “selesai” di tengah jalan atau bahkan di awal perjalanan. Rizal Fernando sendiri berpendapat banyak usaha yang gagal bertahan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang menjalankan sebuah usaha (bisnis).

Kebanyakan orang memulai usaha hanya bermodalkan niat dan nekat saja (dan uang), tanpa diiringi pengetahuan dasar dalam berbisnis. Ketika sudah menggebu-gebu saat menggunakan modal usaha, selanjutnya malah “tergopoh-gopoh” ketika menjalankan usahanya. Hal ini biasanya terjadi karena tidak mempersiapkan hal-hal penting untuk mempertahankan usahanya (tanpa perlu menghabiskan modal awal).

Menjalankan bisnis memang penuh resiko, tetapi dengan bekal ilmu yang ada teman-teman Barista Indonesia minimal bisa meminimalisir resiko tersebut dan tau cara mengatasi setiap resiko yang akan datang.

Dalam memulai usaha ataupun bisnis, teman-teman juga perlu mengetahui pergerakan bisnis harus dimulai dari mana. Pada kelas ini, mas Rizal (sapaan akrab) akan memberikan pengetahuan khusus tentang apa saja yang diperlukan dan diperhitungkan untuk memulai sebuah usaha. Hal ini penting agar tidak mengalami kerugian yang signifikan sebelum usaha baru berjalan.

Selain itu, setiap peserta juga mendapatkan sebuah modul yang bisa digunakan pada saat memulai dan menjalankan usahanya masing-masing.

Teman-teman Barista Indonesia yang kepingin ikut kelas bisnis kuliner selanjutnya atau tertarik gabung pada acara yang diadakan Barista Indonesia, kamu bisa mendapatkan informasi dari akun sosial media Barista Indonesia.

Sampai Jumpa di acara selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *