fbpx
Seputar Barista / Tips & Trick

Soft Skill Untuk Barista

Kenapa Soft Skill penting untuk dikuasai oleh Barista?

Teman-teman Barista Indonesia, dalam profesi apapun pastinya dibutuhkan kemampuan diri dalam menjalankan pekerjaan. Sebagai barista, memang hal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk menghasilkan minuman kopi dan non-kopi yang berkualitas (disebut hard skill). Tapi, tidak selamanya hard skill menjadi penting. Salah satu tugas utama dari barista adalah memiliki kemampuan untuk melayani. Kemampuan tersebut dapat dikategorikan sebagai soft skill.

Di sisi yang sedikit berseberangan dengan hard skill, soft skill bisa didapat tidak hanya dari edukasi formal namun bisa diperoleh dari pengalaman. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, seorang barista ataupun calon barista tidak melulu harus mencarinya dari pengalaman pribadi, tetapi bisa juga dengan cara memperhatikan dari orang lain. Misalnya kita bisa belajar cara melayani dan menyajikan menu pesanan pelanggan dengan memperhatikan barista senior atau server berpengalaman dari restoran atau jenis usaha food & beverage lainnya yang memiliki reputasi pelayanan yang baik.

Pada dasarnya soft skill adalah kepribadian, atribut personal termasuk cara komunikasi dan interaksi sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan.

Apa aja sih Soft Skill yang penting untuk dikuasai oleh Barista?

  • Berpikir Kritis

Barista harus mampu menganalisa situasi dan mengambil keputusan yang tepat terutama di depan bar yang sering terjadi interaksi secara langsung dengan pengunjung.

  • Kemampuan Komunikasi

Pintar menempatkan diri di berbagai situasi, karena barista adalah frontliner dari tempat kerjanya.

  • Kepemimpinan

Seorang barista harus siap menerima konsekuensi terhadap pilihan tertentu yang akan dilakukan dengan mempertimbangkan segala aspek, termasuk SOP (Standard Operating Procedure) yang sudah dibuat.

  • Kerja Tim

Salah satu tanggung jawab yang cukup besar dalam pekerjaan adalah mampu bekerja sama dengan rekan lainnya di dalam pekerjaan yang sama. Kerja sama yang baik dari setiap lini dan setiap barista yang bertugas akan menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik juga secara keseluruhan.

  • Etos Kerja

Tetap fokus, terorganisir serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat dan cermat untuk pelayanan pelanggan di masa datang. Sekali lagi karena barista adalah frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, maka pekerjaan barista akan memberikan kesan tersendiri dari setiap pelanggan yang datang terhadap coffee shop atau tempat kerjanya.

  • Cepat Beradaptasi

Di sebuah coffee shop akan punya lebih dari satu section dan banyak anggota tim. Nah, seorang barista harus mampu dan dituntut cepat beradaptasi di lingkungan kerja.

Dengan memiliki soft skill yang baik, maka “tugas” teman-teman sebagai barista tidak hanya akan dipandang sebagai sebuah “tugas” atau “pekerjaan” saja. Soft Skill-lah yang akan menjadi pembeda antara kamu dengan barista lainnya dan dapat membawa dirimu ke jenjang yang lebih tinggi lagi daripada “sekedar bekerja” sebagai barista.

1 thought on “Soft Skill Untuk Barista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *