fbpx
Profil Barista

Barista : Muhammad Umar Bajened, Barista itu Dinamis

PicsArt_10-10-11.01.16

Teman Barista Indonesia satu ini sangat layak untuk dijadikan contoh untuk generasi terbaru barista. Berawal dari Barista dan kini karirnya sudah tidak ragukan lagi. Ajang kompetisi lokal dan nasional, beliau sering diamanahkan sebagai juri.
Dengan penampilan rambut klimis menjadi salah satu cirinya. Sudah tentu penampilan rapih membuat kita percaya diri di hadapan customer. Beliau adalah Muhammad Umar Bajened atau yang biasa dipanggil Kang Nino.

Beruntung, di sela kesibukannya beliau dapat berbalas email dengan kami. Obrolan menarik berlangsung membahas seputar profesi Barista dan karirnya. Pilihan menjadi Barista adalah tepat, begitu katanya. Simak obrolan menarik kami dibawah ini.

Muhammad Umar Bajened (@nino_roaster)
Co-Roaster at Java Soul Coffee (@javasoul.coffee)
Owner at RAINDEAR COFFEE (@raindearcoffee)
Founder & Master Roaster at Nosy Kahve  @nosy_kahve

PicsArt_10-10-10.21.16

Q : Sejak kapan pastinya untuk suka sama minuman kopi?
A : Sudah dari 10 tahun yang lalu untuk yang kopi giling seduh. Kalau kenalan kopi-kopi sobek malah lebih lama, kira-kira dari 17 tahun yang lalu.

Q : Sejak kapan punya keputusan buat kerja di bidang kopi (menjadi barista)?
A : Awal tertariknya ya setelah minum kopi, selain minum kopi gimana tuh kita meracik minuman kopi. Unik sekali bikin kopi itu mulai dengan menimbang kopi, giling biji kopi jadi bubuk hingga seduh dan dinikmati. Kegiatan itu seinget saya di tahun 2012.

Q : Kenapa pilih profesi barista pada saat itu?
A : Karena pada saat belajar bikin kopi, paling mungkin dimulai dari profesi Barista. Dari profesi ini kita bisa belajar kopi, dan pada saat itu pun kursus di bidang kopi ga seramai sekarang. Jadilah profesi Barista menjadi awal belajar kopi.

Q : Apa arti profesi Barista menurut Kang Nino?
A : Profesi Barista menurut saya dinamis yah, karena apa ya, menurut bahasanya Barista adalah orang yang passion di bidang kopi tau standar pembuatan minuman kopi, baik yang base-nya menggunakan mesin ataupun seduhan manual. Dan intinya juga bagaimana Barista dapat share ilmunya ke orang lain sehingga bermanfaat untuk orang banyak.

Q : Menu kopi apa yang menjadi favorite-nya Kang Nino?
A : Antara kopi tubruk dengan kopi filter. Kopi tubruk adalah favorite saya.

Q : Setelah paham kopi dan jadi barista, apa yang menjadi target selanjutnya?
A : Targetnya adalah membuat customer kita happy terhadap kopi yang kita sajikan. Sederhana, namun bagi saya efeknya luar biasa karena namanya bisnis pasti kita butuh banget kepuasan customer.

Q : Bagaimana perkembangan dunia kopi atau industri kopi pada saat itu (awal karir) dibanding dengan sekarang?
A : Perkembangannya memang belum luar biasa seperti sekarang. Kopi juga saat itu yah cuma jadi teman begadang dan hanya sekedar saja, beda dengan sekarang, kopi itu kompleks banget yah. Banyak ikut di bisnisnya, ikut di science-nya, banyak juga yang terinspirasi dari perjalanan si kopi itu sendiri dan membuka sekali pintu pertemanan kita saat ini.

Q : Apa yang menjadi dasar atau motivasi untuk ikut kompetisi barista?
A : Awal ikut kompetisi itu ingin cari teman. Kenapa teman? Karena kita kerja di belakang meja bar pasti jarang berkomunikasi dengan teman satu profesi atau para pelaku kopi. Dengan adanya kompetisi kita bisa bertemu satu dengan yang lain. Apalagi di-support oleh kedai tempat bekerja. Dan satu lagi yah, hadiah adalah motivasi juga selain itu yang kita dapat adalah jalinan pertemanan semakin kuat.

Q : Bagaimana persiapannya pada saat itu?
A : Awal-awal persiapan untuk kompetisi adalah mental yah untuk mengurangi tingkat grogi atau gugup, dan juga karena waktu itu awal, yah masih banyak yang belum punya seperti investasi di alat-alat. Belajar dengan melihat bagaimana teknik-tekniknya, banyak ngobrol juga dan cari mentor.

Q : Bagaimana kelanjutan karir, profesi atau kegiatan lain setelah mengikuti kompetisi Barista?
A : Alhamdullillah banget yah. Dulu saya ikut kompetisi dan jadi barista itu luar biasa harus melewati proses itu. Sekarang sudah ada kedai kopi sendiri juga, dan punya keahlian di bidang roasting kopi, dipercaya mengemban amanah jadi juri kompetisi di skala lokal dan Nasional. Banyak banget yang saya dapat dari profesi Barista asal mau belajar.

Q : Bagaimana bila ada kawan-kawan yang tertarik menjadi Barista sebagai profesi dan bagaimana memulainya?
A : Wah, kalau ada yang ingin jadi Barista artinya tidak salah pilih, karena profesi itu sangat menarik dan prestige-nya tinggi. Dan kalau ada yang ingin jadi Barista tips saya bisa datanglah ke kedai yang dianggap mewakili passion-nya di kopi lalu melamar di situ sebagai part-time atau helper barista. Karena dari posisi itu selain kita bekerja, juga bisa belajar dan itu namanya proses.

Q : Bagaimana harapan Kang Nino untuk para Barista di Indonesia?
A : Harapannya semoga Barista di Indonesia makin maju dan berani ikut kompetisi. Karena di kompetisi itu banyak pelajaran yang kita dapat dan bekal kita untuk tampil. Makin banyak Barista dari Indonesia yang tampil di kompetisi Internasional adalah salah satu harapan saya.

Q : Bagaimana harapan Kang Nino untuk industri Kopi di Indonesia?
A : Harapan saya semoga industri kopi Indonesia semakin bergairah, kebun kopinya makin terawat, makin meluas. Karena bagi saya bila di hulu (kebun) sudah kuat (berkualitas), Insya Allah kedai-kedai kopi juga akan menyajikan produk-produk yang berkualitas dan konsisten.

Q : Kalau boleh mengenang, siapa figur atau sosok yang berjasa langsung untuk karir dari awal hingga sekarang ini?
A : Saya tidak pernah lupa oleh Mas Faruk dari Sanga Kopi, Mas Romi dari Pikul Roastery dan Goni Kopi, Mba Mirayudha, Mas Adi Taroeprtjeka, Mba Resianri, Mas Ardian Maulana dan masih banyak yang lain. Tanpa mereka semua, cerita kopi di Indonesia tidak seperti sekarang.

PicsArt_10-10-11.02.43

Q : Buat kalimat motivasi dari kata Kopi!
A : Kopi itu simple. Kopi itu bagaimana perlakuannya. Tidak ada kopi yang jelek hanya saja perlakuan kita ke Kopi yang jelek.

Menarik banget ya jawaban-jawaban yang diberikan oleh Kang Nino. Kalau teman-teman Barista Indonesia penasaran dengan kegiatan kang Nino, bisa follow akun instagram nya di @nino_roaster.

Semoga teman-teman Barista bisa mendapatkan inspirasi untuk tetap semangat bergelut di industri kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *